1. Definisi HTML
HTML (Hyper Text Markup Languange) adalah  bahasa pengkodeaan untuk menghasilkan dokumen-dokumen hypertext untuk digunakan di World Wide Web. HTML terlihat seperti bahasa pengkodean lama, yang di awali dan diakhiri dengan kode-kode html dimana menunjukkan bagaimana keluarannya pada saat di jalankan pada sebuah web browser.

2. Program Editor HTML
Untuk membuat aplikasi web, dalam hal ini menggunakan HTML , maka kita membutuhkan  suatu editor guna mengetikkan,mengedit atau  menyimpan dokumen-dokumen HTML. Editor untuk memdesain suatu web dibagi 2 yaitu yang bersifat text  murni dan yang WYSIWYG (Graphic) Editor  untuk text, anatara lain Notepad dan Ultra Edit. Sedang editor WYSIWYG adalah Netscape dan Front Page.

3. Struktur Dasar HTML
Seperti umumnya dokumen lain, dokumen HTML terdiri dari teks-teks dan bahkan lebih dari dari itu. Dokumen HTML juga dapat mengandung suatu gambar, suara, ataupun video. Satu hal yang membedakan dokumen HTML dengan dokumen-dokumen lainnya adalah adanya elemen-elemen HTML beserta tag-tagnya. Elemen dan tag HTML berfungsi untuk menformat atau menandai suatu bagian tertentu dari dokumen HTML dan juga untuk menentukan struktur bagian tersebut dalam dokumen HTML. Elemen dan Tag inilah yang merupakan ciri utama dari suatu dokumen HTML. Secara garis besar, untuk menulisakn sebuah dokumen HTML dibutuhkan kerangka penulisan dengan tag-tag dasar sebagai berikut HTML, HEAD,TITLE dan BODY.

Contoh Script sederhana :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE> Judul dokumen </TITLE>
</HEAD>
<BODY>
data-data yang akan di tampilkan
</BODY>
</HTML>

TAG FUNGSI
 HTML  Untuk penenda bahwa dokumen yang dibuat adalah dokumen web
 HEAD  Untuk bagian judul, boleh ada atau tidak
 TITLE  Judul untuk masing-masing halaman, ditampilkan diatas browser
 BODY  Informasi yang ingin dimunculkan diletakkan di bagian ini

4. Elemen
Dalam dokumen HTML, elemen dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu elemen-elemen <HEAD> yang berikan informasi tentang dokumen tersebut, seperti judul dokumen astau hubungannya dengan dokumen lain. Elemen-elemen <BODY> yang menentukan bagaimana isi suatu dokumen ditampilkan oleh browser, seperti paragraf, list (daftra), tabel dan lain-lain. Di dalam elemen HTML terdiri dari tag-tag beserta teks yang ada dalam tag-tag tersebut.

5. Tag
Pada saat web browser menampilkan suatu web page, browser tersebut akan membaca  teks-teks pada dokumen HTML, dan mencari kode khusus yang disebut tag. Tag diapit oleh tanda <>. Tag biasanya merupakan pasangan, yang disebut tag awal dan tag akhir. Tag awal dinyatakan dalam bentuk  <nama tag> sedang tag akhir dinyatakan dalam bentuk </nama tag>.
Format umum suatu tag berpasangan adalah :
<nama tag> Teks yang akan ditampilkan </nama tag>

Penulisan program yang baik adalah secara terstruktur. Artinya antara tag pertama dan tag berikutnya tidak saling tumpang tindih.

Penulisan tag yang tumpang tindih Penulisan tag yang benar
 <tag1>

Text tag1

<tag2>

Text tag2

</tag1>

</tag2>

 <tag1>

text tag1

<tag2>

text tag2

</tag2>

</tag1

Kemungkinan kesalahan yang terjadi adalah lupa memberi tag awal atau tag akhir sehingga web page yang dihasilkan akan terlihat lain dari yang diinginkan. Tag-tag dalam HTML muncul dalam  bentuk seperti berikut :
<nama tag>teks</nama tag>
<nama tag>
<nama tag atribut1=argumen atribut2=argumen dst>
<nama tag antribut=argumen>teks</nama tag>

Sebagai contoh :
<Title> Home Page Irawan </Title>
<BR>
<HR Width=10 color=”red”>
<A Href=http://www.veryeffendi.wordpress.com/>Website Pili</a>